Senin, 19 April 2010

KOMUNIKASI

KOMUNIKASI

Proses Komunikasi yaitu bagaimana cara mengkomukasikan suatu pesan kepada orang lain, sehingga dapat dapat menciptakan suatu persamaan makna antara seorang dengan orang lain. Proses Komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yag efektif / sesuai dengan tujuan komunikasi seperti umumnya.
Proses Komunikasi
banyak melalui perkembangan. Pada penjelasan ini, akan dijelaskan berbagai proses komunikasi melalui model-model komunikasi itu sendiri :

Komunikasi menurut Aristoteles
menerangkan tentang model komunikasi dalam bukunya Rhetorica, bahwa setiap komunikasi akan berjalan jika terdapat 3 unsur utama :
1. Pembicara, yaitu orang yang menyampaikan pesan
2. Apa yang akan dibicarakan (menyangkut Pesan nya itu sendiri)
3. Penerima, orang yang menerima pesan tersebut.

Petunjuk dalam melakukan komukasi yang efektif yaitu pada dasarnya adalah upaya bagaimana kita meraih perhatian, cinta kasih, minat, kepedulian, simpati, tanggapan, maupun respon positif dari orang lain.sesungguhnya dalam berkomukasi yang baik ada lima hal yang perlu diperhatikan:

Saling Menghormati / respect
Misalnya dalam suatu komunikasi kita harus saling menghargai atau menghormati setiap individu-individu tersebut. Jika kita bahkan harus mengkritik atau memarahi seseorang, lakukan dengan penuh respek terhadap harga diri dan kebanggaaan seseorang, agar kita dapat membangun sikap saling menghargai dan menghormati dalam berkomukasi.

Empati / empathy
Salah satu syarat utama dalam memiliki sikap empati adalah kemampuan kita untuk mendengarkan atau mengerti terlebih dulu sebelum didengarkan atau dimengerti oleh orang lain.

Secara khusus Covey menaruh kemampuan untuk mendengarkan sebagai salah satu dari 7 kebiasaan manusia yang sangat efektif, yaitu kebiasaan untuk mengerti terlebih dahulu, baru dimengerti (Seek First to Understand -
understand then be understood to build the skills of empathetic listening that inspires openness and trust). Inilah yang disebutnya dengan Komunikasi Empatik. Dengan memahami dan mendengar orang lain terlebih dahulu, kita dapat membangun keterbukaan dan kepercayaan yang kita perlukan dalam membangun kerjasama atau sinergi dengan orang lain.

Terdengar / audible
Makna dari audible adalah dapat didengarkan atau dimengerti dengan baik. Misalnya bila kita sedang berbicara kita harus berbicara yang jelas dan dapat didengar dan dimengerti oleh si lawan bicara kita.

Kejelasan / clarity
SikapClarity sama halnya dengan audible. Harus jelas dan dapat dimengerti dengan baik pesan yang kita bawa untuk si pendengar.

Rendah hati / humble
Sikap ini sama halnya dengan sikap respect dimana anda harus membangun rasa saling menghargai dan menghormati dan didasari pula oleh sikap rendah hati yang yang dibangun dari dalam diri.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar