Senin, 19 April 2010

POWER DAN POLITIK

POWER
Power adalah ukuran dari entitas kemampuan untuk mengendalikan lingkungan di sekitar itu sendiri, termasuk perilaku dari entitas lainnya. Istilah otoritas ini sering digunakan untuk listrik, dianggap sah oleh struktur social. Daya dapat dilihat sebagai jahat atau tidak adil, tetapi pelaksanaan kekuasaan diterima sebagai endemik kepada manusia sebagai makhluk sosial. Seringkali, studi kekuasaan di masyarakat disebut sebagai politik .

Kekuasaan
Kekuasaan adalah kewenangan yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok guna menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, kewenangan tidak boleh dijalankan melebihi kewenangan yang diperolehatau kemampuan seseorang atau kelompok untuk mempengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku atau Kekuasaan merupakan kemampuan mempengaruhi pihak lain untuk berpikir dan berperilaku sesuai dengan kehendak yang mempengaruhi.

Kekuasaan politik adalah kemampuan untuk membuat masyarakat dan negara membuat keputusan yang tanpa kehadiran kekuasaan tersebut tidak akan dibuat oleh mereka.
Misalnya, Bila seseorang, suatu organisasi, atau suatu partai politik bisa mengorganisasi sehingga berbagai badan negara yang relevan misalnya membuat aturan yang melarang atau mewajibkan suatu hal atau perkara maka mereka mempunyai kekuasaan politik.
Variasi yang dekat dari kekuasaan politik adalah kewenangan (authority), kemampuan untuk membuat orang lain melakukan suatu hal dengan dasar hukum atau mandat yang diperoleh dari suatu kuasa.
Kepatuhan
kepatuhan (compliance) berarti mengikuti suatu spesifikasi, standar, atau hukum yang telah diatur dengan jelas yang biasanya diterbitkan oleh lembaga atau organisasi yang berwenang dalam suatu bidang tertentu.

POLITIK

Politik dapat terjadi pada berbagai jenis organisasi, baik itu kecil maupun besar. Bahkan Robbins mengatakan bahwa politik adalah kenyataan hidup dalam organisasi. Orang yang mengabaikan hal ini berada dalam kondisi yang berbahaya. Walaupun demikian beberapa sumber menyebutkan adanya perbedaan kualitas politik pada beberapa kondisi organisasi. Untuk perusahaan kecil dimana sebagian besar power dimiliki oleh satu orang maka permainan politik jarang terjadi. Sebaliknya pada perusahaan besar dimana power hampir merata di seluruh bagian organisasi maka permainan politik akan menjadi besar. Permainan politik jarang terjadi pada permasalahan rutin.

Power dan politik tidak selamanya berarti buruk. Mengingat politik hampir dipastikan terjadi dalam setiap organisasi maka seseorang yang ingin menerapkan strategi atau ingin melakukan perubahan harus memiliki kemampuan untuk berpolitik.

Jeffrey Pfeffer menyebutkan, “Orang pasti meyakini bahwa pemerntahan adalah suatu organisasi, tapi jarang sekali yang berpikir kebalikannya bahwa organisasi adalah suatu pemerintahan”. Siapa saja yang ingin menjadi negarawan pertama-tama harus menjadi politisi yang sukses.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar